u ditch,apa itu u ditch,tipe u ditch,ukuran u ditch,perbedaan u ditch dengan box culvert,fungsi u ditch

Definisi dan Spesifikasi Lengkap U Ditch

Tumpukan U Ditch

U Ditch merupakan salah satu material yang cukup populer digunakan untuk membangun saluran drainase.

Anda pasti sudah tahu kalau proyek pembangunan jalan tidak terlepas dari pembangunan saluran drainase pada bagian sisi jalan. Karena tanpa adanya saluran drainase yang baik, air yang turun ketika musim hujan justru akan menggenang dan bisa merusak konstruksi jalan.

Terdapat berbagai pilihan material konstruksi yang bisa digunakan untuk membuat saluran drainase. Salah satu yang saat ini banyak digunakan adalah saluran U Ditch. Tentu bukan tanpa alasan, selain lebih hemat waktu pengerjaan, masih banyak lagi kelebihan yang dimiliki oleh U Ditch.

Pada artikel ini, kami akan membahas beberapa hal terkait U Ditch. Mulai dari definisi, fungsi, tipe, hingga spesifikasinya. Simak artikel ini sampai akhir ya!

Apa itu U Ditch?

U Ditch adalah produk saluran air atau drainase yang termasuk dalam salah satu jenis beton precast. Saluran U Ditch ini dibuat dari bahan beton bertulang dengan cetakan yang berbentuk huruf U.

Proses pembuatannya menggunakan teknik pembesian tinggi menggunakan wiremesh. Setelah itu tulangan UDitch kemudian dituang dengan beton segar dan dicetak menggunakan sebuah cetakan khusus.

Material yang sering dimanfaatkan untuk konstruksi saluran drainase ini memiliki ciri fisik berbentuk huruf U. Itulah kenapa namanya disebut U Ditch.

Sedangkan untuk penyambungan saat pemasangan antar material satu dengan lainnya menggunakan Mortar. Teknik penyambungannya memanfaatkan plat embeded dan plat joint, sehingga dapat menghindari kebocoran air.

Fungsi Saluran U Ditch

Fungsi utama dari U Ditch tentunya sebagai media untuk mengalirkan air hujan menuju sungai atau aliran yang lebih besar. Pada beberapa tempat seperti di pinggir jalan raya, penggunaan UDitch juga berfungsi sebagai tempat resapan air agar tidak menimbulkan genangan yang dapat merusak jalan.

Debit air yang mampu ditampung juga tergantung pada ukuran U DItch yang digunakan. Semakin besar ukurannya, maka debit air yang mampu ditampung pun semakin besar, begitu pula sebaliknya.

Tidak hanya untuk saluran drainase di pinggir jalan raya, Anda juga bisa memanfaatkan U Ditch untuk membuat saluran drainase di perumahan, pabrik, dan lain sebagainya.

Baca juga: 4 Metode Pemasangan Saluran U Ditch yang Baik dan Benar

Tipe Saluran dan Tutup U Ditch

Selain memiliki ukuran beragam yang nantinya akan kita bahas dibawah, Terdapat dua tipe cover U Ditch yang diproduksi berdasarkan pada pengaplikasiannya.

  • Light Duty

    Tipe U Ditch light duty merupakan tipe saluran yang umumnya digunakan untuk area yang dilewati beban yang tidak terlalu berat. Contohnya seperti untuk trotoar atau area untuk pijakan kaki.
  • Heavy Duty

    Sedangkan untuk tipe U Ditch Heavy Duty merupakan saluran yang digunakan untuk daerah yang dilewati beban yang berat seperti jalan raya atau jalan bebas hambatan.

Masing-masing memiliki karakteristik dan kemampuan menahan beban yang berbeda. Jadi, sebelum membelinya, pastikan Anda mengetahui kebutuhan penggunaannya terlebih dahulu.

Perbedaan U Ditch dengan Box Culvert

Tumpukan U Ditch

Banyak yang belum bisa membedakan antara U Ditch dengan Box Culvert. Karena dua material ini sama sama bisa digunakan untuk saluran air atau drainase.

Kenyataannya, dua material konstruksi ini memiliki perbedaan yang cukup jelas. Apa saja perbedaannya? mari kita bahas lebih lanjut.

  • Bentuk dan Ukuran

    Perbedaan pertama ada pada bentuk fisik dan ukurannya. U Ditch memiliki bentuk seperti huruf U, sedangkan untuk Box Culvert berbentuk persegi ataupun persegi panjang.

    Meskipun U Ditch sebenarnya adalah bentuk saluran terbuka, namun memungkinkan juga untuk dibuat saluran tertutup dengan cara menambahkan tutup atau covernya.

    Pada segi ukuran, sebenarnya tidak ada patokan khusus untuk ukuran keduanya. Ukuran ditentukan oleh pabrik pembuat dan tentunya disesuaikan dengan ukuran yang banyak dibutuhkan.
  • Kemampuan Menahan Beban

    Perbedaan berikutnya yaitu pada kemampuan masing-masing untuk menahan beban diatasnya. Hal ini berkaitan dengan material yang digunakan untuk produksi.

    U Ditch dirancang untuk menahan beban yang tidak terlalu berat, contohnya seperti sepeda motor dan juga pejalan kaki. Berbeda dengan Box Culvert yang memang dirancang untuk menahan lalu lalang kendaraan besar seperti mobil, truk, hingga kendaraan proyek. Selain itu, Box Culvert juga mampu menahan pergeseran tanah.

Kelebihan dan Kekurangan U Ditch

Permukaan beton yang rapi dan bentuknya yang seragam membuat U Ditch mampu mengalirkan air dengan baik dari tempat yang lebih tinggi menuju tempat yang lebih rendah. Saluran air yang dipasangi U Ditch juga terlihat lebih rapi dan diatasnya bisa dimanfaatkan sebagai trotoar atau untuk pejalan kaki.

Di samping itu, setiap jenis material tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan saat ingin menggunakan U DItch.

Baca juga: Beton Precast : Jenis, Fungsi, dan Kelebihannya

Kelebihan

Beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan U ditch diantaranya :

  1. Drainase Menjadi Lebih Tertata

    Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kelebihan pertama penggunaan U DItch yaitu bisa membuat saluran drainase menjadi lebih tertata. Tidak hanya secara tampilan yang tertata, tapi juga sistem drainase yang bisa lebih mudah untuk diatur.
  1. Pengerjaan Lebih Efektif

    U Ditch termasuk dalam jenis beton precast, sehingga produksinya dilakukan secara terpisah dengan tempat pembangunan.

    Dengan begitu, proses pengerjaan menjadi lebih efektif dan hemat waktu. Setelah semuanya selesai dipasang, saluran air yang menggunakan U Ditch juga bisa langsung dilalui aliran air saat itu juga.
  1. Pilihan Ukuran yang Beragam

    Area yang dimiliki untuk digunakan sebagai saluran drainase di setiap tempat tentunya berbeda-beda. Maka dari itu, berbagai ukuran yang tersedia bisa Anda pilih sesuai dengan lokasi pembuatan sistem drainase.

Kekurangan

Setelah mengetahui kekurangannya, Anda juga perlu mengetahui kekurangannya sebagai bahan pertimbangan.

  1. Jangkauan Lokasi Terbatas

    Membutuhkan cukup banyak U Ditch tergantung pada panjangnya sistem drainase yang dibangun. Sedangkan untuk membawa U Ditch dalam jumlah banyak dari pabrik menuju lokasi pembangunan biasanya menggunakan kendaraan yang cukup besar. Oleh karena itu, harus dipastikan bahwa lokasi pembangunan memungkinkan untuk diakses oleh kendaraan berat.
  1. Harga Relatif Mahal

    Bisa dikatakan harga U Ditch relatif lebih mahal jika skala pembangunannya kecil. Oleh karena itu Anda harus bisa memahami kondisi dan juga kebutuhan pembangunannya.

    Anda perlu mengetahui beberapa aspek seperti seberapa besar proyeknya, ukuran lahan, ketepatan area, waktu, serta anggaran pelaksanaannya. Dengan begitu, Anda akan memiliki gambaran yang tentang proyek dan proyek bisa berjalan secara maksimal.
  1. Membutuhkan Alat Bantu

    Beban material U Ditch bisa dibilang cukup berat. Sehingga membutuhkan alat bantu untuk mengangkat dan menyusunnya kedalam lubang galian.

Spesifikasi, Ukuran, dan Cover U Ditch

  • Spesifikasi teknik U Ditch
Spesifikasi, ukuran, dan cover U Ditch
  • Spesifikasi Teknik Cover U Ditch
Spesifikasi, ukuran, dan cover U Ditch

Sudah Mengetahui Kebutuhan U Ditch yang Sesuai?

Setelah membaca dan mamahami semua yang berkaitan dengan U Ditch, sekarang waktunya Anda menentukan yang cocok yang untuk proyek yang Anda kerjakan.

Jangan ragu menghubungi kami untuk mengkonsultasikan kebutuhan material yang Anda butuhkan. Selain U Ditch, kami juga menyediakan berbagai material precast lain seperti paving block, pagar panel beton, buis beton, dan lain sebagainya.

Terima kasih, semoga artikel ini membantu Anda dalam memilih material terbaik untuk proyek Anda.

Artikel Terbaru

Kategori

u ditch,apa itu u ditch,tipe u ditch,ukuran u ditch,perbedaan u ditch dengan box culvert,fungsi u ditch

Article