pemasangan pagar panel beton,cara pasang pagar panel beton,pagar panel beton

8 Cara Pemasangan Pagar Panel Beton Secara Manual

Proses pemasangan pagar panel beton

Cara pemasangan pagar panel beton memang terlihat cukup mudah, karena semua sudah dalam bentuk jadi dan tinggal menyusunnya seperti lego.

Namun pada kenyataannya hal itu tidak semudah yang Anda bayangkan. Butuh perhitungan yang tepat agar semua komponen bisa disusun dan terpasang rapi.

Kesalahan dalam pemasangan pagar panel beton bisa menyebabkan susunan pagar menjadi tidak rapi. Bahkan lebih parahnya, daun panel justru tidak bisa dipasang pada tiang kolom yang sudah dibangun.

Pada artikel ini kami akan membahas langkah yang benar dalam cara pemasangan pagar panel beton. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini, diharapkan pagar panel beton bisa terpasang dengan kokoh sehingga bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Metode Pemasangan Pagar Panel Beton

Pagar panel beton

Setiap komponen pagar panel beton sebelumnya sudah dicetak di pabrik pembuatan beton pracetak. Sehingga ketika Anda ingin membangunnya menjadi pagar, komponen-kompenen tersebut harus dibawa menuju lokasi pembangunan. Jadi, sebelum memutuskan untuk menggunakan pagar panel beton, Anda juga harus mempertimbangkan akses menuju lokasi pembangunan.

Komponen pagar panel beton terdiri dari daun panel beton, tiang kolom beton, serta panel caping atau penutup (sesuai kebutuhan). Kemudian untuk cara pemasangan pagar panel beton yaitu dengan menyusun komponen-komponen tersebut menjadi sebuah pagar yang utuh. Berikut ini adalah tahap-tahap yang bisa Anda ikuti untuk memasang pagar panel beton.

Baca juga: Model dan Cara Pemasangan Paving Block yang Mudah dan Rapi

1. Pengukuran Titik Tiang Kolom

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah mengukur titik tiang kolom beton. Fungsinya tentu saja untuk mengetahui jarak antar tiang kolom yang disesuaikan dengan ukuran daun panel yang akan digunakan. Jangan lupa untuk menandai titik yang sudah diukur dengan cara memasang kayu patok atau membuat bowplank.

Contoh pemasangan pagar panel beton

  • Ukuran pagar yang digunakan : 240x40x5 cm
  • Tinggi pagar : 160 cm
  • Penggunaan kolom yang diijinkan : 225x18x19 cm

Maka perhitungan jarak antar tiang kolom adalah 240 cm + (18/2) = 249 cm
Kesimpulannya, titik-titik kolom yang dibuat adalah per kelipatan 249 cm

2. Galian Tiang Kolom Pagar Beton

Setelah semua titik tiang kolom sudah ditentukan dan ditandai dengan cara membuat bowplank. Maka tahap berikutnya adalah membuat galian tiang kolom pagar beton.

Penggalian bisa dilakukan secara manual oleh pekerja menggunakan cangkul dan juga linggis. Jika kondisi tanahnya tidak terlalu keras, maka tidak butuh waktu lama untuk membuat satu lubang galian untuk tiang kolom.

Ukuran galian tiang kolom dibuat sesuai dengan yang dipersyaratkan pabrik. Secara umum, galian dibuat dengan diameter 30 cm dengan kedalaman 50 cm.

3. Pembuatan Pondasi

Tahap selanjutnya dalam pemasangan pagar panel beton yaitu pembuatan pondasi. Setelah semua lubang galian selesai dibuat, Anda bisa melanjutkan pekerjaan pembuatan pondasi. Berbeda dengan komponen lainnya, pondasi ini dikerjakan cast in situ atau dikerjakan langsung di lokasi pembangunan.

Pertama, tancapkan terlebih dahulu logam pengaku yang terbuat dari bahan metal yang sudah tergalvanis. Fungsinya adalah sebagai penguatan. Pastikan peletakannya tepat ditengah agar nantinya tepat tertancap pada lubang tiang kolom panel. Anda juga bisa menggunakan waterpass untuk memastikan peletakannya sudah lurus.

Kemudian setelah logam sudah dipastikan lurus, masukkan adukan agregat hingga ketinggian yang ditentukan. Terakhir tinggal ditunggu saja hingga mengeras.

4. Pemasangan Tiang Pagar Beton

Jika pondasi sudah mengeras, proses pemasangan pagar panel beton dilanjutkan dengan memasang tiang pagar beton. Pemasangan panel tiang bisa dilakukan secara manual ataupun menggunakan alat berat seperti crane.

Dimulai dengan meletakkan panel kolom tepat pada tiang logam yang telah dibuat sebelumnya. Pada logam tersebut biasanya diberi penyiku agar kolom berada tepat di tengah saat dimasukkan. Baru setelah itu, agregat beton dimasukkan pada lubang kolom.

Pada tahap pemasangan tiang, jangan lupa untuk memastikan sisi-sisi kolom sudah sejajar agar memudahkan ketika pemasangan daun panel.

Baca juga: Harga Pagar Panel Beton Terpasang Terbaru 2022

5. Pemasangan Daun Panel

Setelah tiang pagar terpasang, selanjutnya adalah memasang daun panel beton pada tiang kolom. Sama halnya seperti pemasangan tiang kolom, memasang daun panel juga bisa dilakukan secara manual atau menggunakan crane. Daun panel beton disusun secara vertikal pada sisi dalam kolom.

Jika dilakukan secara manual, alangkah lebih baiknya tiang kolom dipasang dari satu sini. kemudian setelah daun panel selesai disusun, baru dilanjutkan dengan pemasangan tiang kolom sisi yang satunya dan begitu seterusnya.

6. Pemasangan Caping (Apabila Diperlukan)

Jika diperlukan, Anda bisa menambahkan caping pana bagian atar pagar panel beton. Pada saat bagian tengah kolom diberi adukan agregat, maka agregat tersebut diisikan hingga melebihi kolom. Hal itu berfungsi sebagai bantalan sekaligus penyambung penutup kolom. Selain itu, pemasangan caping juga berfungsi untuk menyambung kolom dengan panel beton.

7. Proses Grouting

Apabila seluruh tahapan tersebut sudah selesai dilakukan, maka tahap berikutnya adalah melapisi bagian yang menurut Anda belum sempurna. Proses ini dilakukan dengan menggunakan bahan berupa campuran air, pasir ataupun abu batu.

8. Pelapisan

Tahap terakhir dari proses pemasangan pagar panel beton adalah pelapisan. Proses ini berfungsi untuk memperindah tampilan pagar dan juga agar aman terhadap kondisi cuaca.

Anda bisa memberi lapisan tambahan berupa cat dengan motif atau warna sesuai selera. Karena posisinya diluar ruang, gunakanlah chat khusus yang diperuntukkan untuk luar ruangan agar lebih awet dan tahan lama.

Sekarang Anda Sudah Tau Cara Memasang Pagar Panel Beton

Langkah-langkah diatas adalah cara pemasangan pagar panel beton yang bisa Anda ikuti. Jika pagar panel beton dipasang dengan baik, maka kemungkinan bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Namun, kualitas dari panel yang digunakan juga berpengaruh pada ketahanan pagar. Jika Anda membutuhkan panel beton yang berkualitas, jangan ragu untuk menghubungi kontak kami dan mengkonsultasikan kebutuhan Anda.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga artikel ini bisa membantu Anda ketika ingin memasang pagar panel beton.

Artikel Terbaru

Kategori

pemasangan pagar panel beton,cara pasang pagar panel beton,pagar panel beton

Article