box culvert,tips memilih box culvert

Box Culvert : Pengertian, Fungsi, dan Tips Memilih Box Culvert Terbaru 2022

Box culvert

Beton precast merupakan material yang sangat dibutuhkan dalam dunia konstruksi saat ini. Bukan tanpa alasan, beton precast memang dipandang sebagai bahan konstruksi yang lebih efektif dan efisien untuk pembangunan.

Efektifitas dan efisiensi waktu dalam pembangunan menjadi hal penting, karena hal itu juga akan berpengaruh pada berbagai aspek. Contohnya seperti waktu pengerjaan, biaya, jumlah pekerja, dan lain sebagainya.

Salah satu jenis beton precast yang akan kita bahas kali ini yaitu box culvert. Anda bisa menggunakan artikel ini sebagai referensi ketika ingin membangun sebuah konstruksi menggunakan box culvert. Baca artikel ini sampai akhir!

Apa itu Box Culvert?

Box culvert adalah beton pracetak atau beton precast berbentuk persegi yang dibuat menggunakan tulangan baja, pasir, semen dan juga batu pecah. Sama seperti beton precast lainnya, box culvert dibuat di pabrik khusus yang memproduksi beton pracetak.

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan box culvert menjadi sangat beragam. Awalnya mungkin hanya dibuat dalam bentuk persegi, namun sekarang sudah banyak bentuk yang dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan pembangunan. Mulai dari persegi panjang, trapesium, dan beberapa bentuk lainnya.

Agar mudah untuk dibawa dari pabrik menuju lokasi pembangunan konstruksi, box culvert dibuat menjadi bagian-bagian terpisah yang nantinya bisa dirangkai. Sedangkan untuk menyambung antar box culvert yaitu menggunakan socket dan spigot yang berbentuk seperti pipa.

Apa Fungsi Box Culvert?

Secara umum, box culvert berfungsi sebagai saluran drainase atau gorong-gorong sama halnya seperti u ditch. Namun, yang membedakan keduanya adalah ukuran dan juga kekuatannya untuk menahan beban.

U Ditch sendiri biasanya dimanfaatkan untuk membuat saluran irigasi dengan ukuran yang kecil seperti irigasi di sisi jalan atau sejenisnya. Sedangkan untuk box culvert, digunakan untuk membuat saluran irigasi dalam bentuk yang besar sehingga mampu dilewati debit air yang besar.

Selain itu juga dapat menahan beban yang lebih berat. Karena box culvert biasanya digunakan untuk proyek-proyek jalan besar. Struktur box culvert yang kuat memungkinkan untuk dilalui kendaraan-kendaraan berat di atasnya.

Jadi, bahan konstruksi gorong-gorong yang biasa Anda lewati dan Anda lihat di jalan-jalan besar itu menggunakan box culvert.

Baca juga: Buis Beton : Jenis, Fungsi, dan Ukuran Terbaru 2022

Pengaplikasian Box Culvert

Box culvert

Setiap pembangunan tentunya sangat penting untuk memikirkan sistem drainase yang baik.

Misalnya dalam pembangunan sebuah perumahan, tanpa adanya drainase yang baik maka bisa menimbulkan genangan air atau bahkan banjir di area perumahan. Begitupun ketika di pabrik, sebagai pemilik pabrik Anda tentu harus memikirkan saluran pembuangan dan lain sebagainya agar tidak terjadi penumpukan limbah yang dapat mengganggu proses produksi pabrik.

Berbagai macam drainase tersebut bisa Anda bagun menggunakan box culvert. Lebih jelasnya lagi, berikut ini adalah beberapa contoh pengaplikasian box culvert secara umum :

  • Struktur drainase
  • Jembatan untuk pejalan kaki
  • Area fasilitas industri
  • Membuat terowongan
  • Membuat saluran irigasi
  • Gorong-gorong jalan raya
  • Gorong-gorong kereta api
  • Sistem pengisian air tanah
  • Konstruksi jalur pejalan kaki

Saluran air yang dibangun dengan baik tentunya akan sangat bermanfaat bagi lingkungan sekitarnya.

Tips Memilih Box Culvert

Pembangunan sebuah proyek drainase tentu tidak bisa dilakukan asal-asalan, harus ada standarisasi yang disetujui oleh pemilik proyek dan juga kontraktor. Karena sebuah proyek tentu dibuat untuk jangka panjang.

Anda pasti sudah pernah melihat berbagai kasus yang diangkat di berita televisi. Pembangunan-pembangunan proyek tidak mengikuti standarisasi hanya mampu bertahan dalam kurun waktu yang tidak lama. Bahkan konsep dan bentuknya tidak sesuai dengan ekspektasi.

Begitupun ketika Anda ingin membangun saluran irigasi atau gorong-gorong. selain proses pengerjaannya, Kualitas box culvert yang baik sangat menentukan ketahanan dan umur dari gorong-gorong tersebut. Sebagai gambaran, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dalam memilih box culvert.

1. Ketahui Sesuai Kebutuhan

Sebelum membeli box culvert, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah kebutuhannya. Lakukan analisa kebutuhan proyek Anda terlebih dahulu, mulai dari lokasi, penggunaan, pemanfaatan, dan lain sebagainya.

Hal ini akan membantu Anda untuk menentukan ukuran dan bentuk box culvert yang cocok untuk proyek yang Anda kerjakan.

2. Box Culvert sesuai standar SNI

Semua beton precast seharusnya sudah memiliki standarisasinya masing-masing. Produk box culvert sendiri telah memiliki bentuk yang syaratnya telah ditetapkan di sebuah nomor standar nasional Indonesia (SNI). Nomor standar tersebut adalah 00 – 36861.1- 2002, yang berisi tentang persyaratan bahwa agregat yang dipakai dalam suatu pembuatan box culvert harus memenuhi beberapa syarat seperti berikut ini :

  • Menggunakan material harus berbutir tajam dan juga keras
  • Produknya dapat tahan terhadap segala kondisi cuaca
  • Meskipun produk tersebut akan terkena sinar matahari dan juga hujan, maka produk tersebut tidak akan mudah pecah atau hancur
  • Bahan lumpur tidak boleh digunakan saat dalam proses produksi box culvert
  • Standar nasional Indonesia (SNI) telah menetapkan bahwa modulus pada box culvert harus berbentuk halus seperti butir yang sesuai dengan standar gradasi yang telah ditetapkan
  • Pasir merupakan salah satu contoh agregat harus yang tidak boleh bereaksi terhadap alkalis khusus, terutama pada sebuah produk beton yang memiliki umur pemakaian lebih lama dan juga lebih awet
  • Yang terakhir, pasir atau pantai dari laut bisa dimanfaatkan sebagai campuran pembuatan beton, apabila anda menyesuaikannya dengan petunjuk dan juga sudah mendapat persetujuan dari lembaga pemeriksaan bahan baku di Indonesia

Baca juga: 3 Jenis Gorong Gorong Lengkap Beserta Ukuran dan Harganya!

3. Pilih Perusahaan yang Terpercaya

Meskipun sebenarnya sudah ada standarisasi yang ditetapkan, namun tidak semua produsen mengikuti aturan tersebut. Tidak sedikit pula produsen yang memproduksi dibawah standar agar bisa menekan biaya produksi sehingga bisa menjual produknya lebih murah.

Maka dari itu, penting sekali untuk membeli box culvert dari perusahaan yang memang sudah terpercaya. Anda bisa mengetahuinya dengan cara melihat dari portofolio proyek yang sudah pernah dikerjakan. Semakin banyak pihak yang percaya dan hasilnya juga memuaskan, tentu bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda ketika memilih box culvert.

Saatnya Memilih Box Culvert yang Berkualitas!

Itulah berbagai hal penting terkait dengan box culvert yang bisa Anda ketahui. Sekarang waktunya Anda untuk menentukan box culvert yang sesuai dengan proyek yang sedang Anda kerjakan.

Jika Anda masih bingung mencari produsen box culvert yang terpercaya. Sheracon bisa menjadi solusi yang tepat untuk masalah tersebut. Kami sudah berpengalaman bertahun-tahun dalam memproduksi dan menyediakan berbagai beton precast.

Beton pracetak yang diproduksi Sheracon, tersedia dalam ukuran yang dirancang sedemikian rupa sehingga material yang terbuang akan dapat dihindari, tetapi juga memproduksi produk dengan ukuran berdasarkan pesanan. Sistem beton pracetak Sheracon adalah metode konstruksi yang mampu menjawab kebutuhan di era ini. Praktis dan mampu menghemat waktu juga biaya pembangunan konstruksi, tentunya kekuatan yang dapat diandalkan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat.

Artikel Terbaru

Kategori

box culvert,tips memilih box culvert

Article