buis beton

Buis Beton : Jenis, Fungsi, dan Ukuran Terbaru 2022

Buis beton

Belum tahu apa itu buis beton? Buat Anda yang berkecimpung di dunia konstruksi atau sering mengerjakan proyek pembangunan pasti sudah tidak asing lagi dengan material yang satu ini.

Buis beton atau sering juga disebut sebagai beton gorong-gorong merupakan salah satu jenis material beton berbentuk lingkaran. Material ini banyak digunakan sebagai bahan pembuatan saluran irigasi atau drainase di berbagai tempat seperti di perumahan dan masih banyak lagi.

Buis beton termasuk kedalam salah satu jenis beton precast. Jadi, Anda bisa langsung memasang buis beton di lokasi proyek yang sedang Anda kerjakan. Banyaknya orang yang menggunakan buis beton tentu karena kelebihan yang diberikan, kelebihan tersebut diantaranya :

  1. Pengerjaan saluran air menggunakan buis beton jauh lebih cepat dibanding material lainnya
  2. Penggunaan buis beton untuk saluran air dipercaya lebih baik dibandingkan menggunakan batu kali
  3. Harga jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan concrete pipe atau batu kali.

Pada artikel ini kami akan mengulas lebih lanjut tentang fungsi, jenis, ukuran serta harga buis beton. Simak artikel ini sampai akhir.

Fungsi Buis Beton

Pada awalnya, fungsi utama dari buis beton hanyalah sebagai material pembuatan gorong-gorong. Namun, seiring berkembangnya waktu dan kebutuhan, penggunaan buis beton menjadi semakin beragam.

Orang-orang akhirnya memanfaatkan buis beton untuk berbagai pembangunan lainnya. Berikut ini adalah beberapa fungsi buis beton.

1. Buis Beton sebagai Gorong-Gorong

Seperti yang kita tahu, buis beton banyak dimanfaatkan untuk proyek pembangunan gorong-gorong. Pada pembangunan gorong-gorong dan sebagian besar lainnya, buis beton berfungsi sebagai pelapis tanah agar tidak menutup aliran air sehingga air bisa mengalir dengan lancar.

Posisi gorong-gorong baik besar maupun kecil biasanya berada di bawah tanah. Oleh karena itu, dibutuhkan material yang mampu menahan beban di atasnya, serta bisa mengalirkan air dengan lancar.

Buis beton dipilih sebagai material gorong-gorong karena memiliki ketebalan dan bahan yang beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya jika gorong-gorong sekaligus difungsikan sebagai jembatan, maka Anda harus menggunakan buis beton yang berangka.

2. Buis Beton sebagai Pengairan

Fungsi buis beton berikutnya adalah sebagai saluran pengairan. Secara umum, fungsi buis beton memang membuat air mengalir lebih lancar dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah.

Dalam pembuatan saluran air atau pengairan, Anda perlu mengetahui dengan debit air serta lokasi pembangunan. Sehingga Anda bisa lebih mudah untuk menentukan buis beton yang sesuai.

Karena jika Anda menggunakan buis beton dengan ukuran besar padahal debit airnya tidak terlalu besar, hal itu akan memakan banyak tempat dan waktu pembangunan. begitupun sebaliknya, buis beton yang terlalu kecil padahal aliran air yang melewati cukup besar bisa menyebabkan air justru meluap.

3. Buis Beton untuk Sumur Resapan

Selanjutnya, buis beton juga bisa berfungsi sebagai bahan untuk membangun sumur resapan. material ini digunakan untuk melapisi tanah yang sudah digali agar bisa lebih rapi dan tidak mudah longsor.

Selain itu, sumur resapan biasanya ditambahkan dengan tutup di bagian atas agar tidak membahayakan orang yang mungkin lewat disekitarnya.

Baca juga: Metode dan Cara Pemasangan Kanstin Beton Sesuai Prosedur (Terbaru 2022)

Jenis-Jenis Buis Beton

Buis beton

Pemanfaatan buis beton sebagai bahan konstruksi kedepannya pasti semakin bervariasi. Banyaknya pemanfaatan tersebut juga berpengaruh pada jenis-jenis buis beton yang juga bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan pembangunan.

Jenis buis beton dibedakan menjadi tiga macam, diantaranya berdasarkan bahan, penggunaan rangka, serta berdasarkan bentuknya.

1. Berdasarkan Penggunaan Bahan

Dilihat dari penggunaan bahan pembuatannya, buis beton mempunyai dua jenis bahan. Yaitu menggunakan concrete atau semen dan juga pasir saja.

Buis beton yang menggunakan bahan semen tanpa tambahan pasir jelas jauh lebih kuat dan tidak mudah pecah. Oleh karena itu, jenis ini sering digunakan untuk pembangunan gorong-gorong yang tentunya akan menahan beban di bagian atas. Berbeda dengan buis beton yang menggunakan bahan pasir, butiran pasir tentu akan memberikan rongga-rongga kecil yang bisa dimasuki air, sehingga buis beton ini mudah lembab. Buis beton jenis ini biasanya digunakan untuk membuat sumur resapan.

2. Berdasarkan Penggunaan Rangka

Terdapat buis beton yang dibuat menggunakan rangka besi di dalamnya, namun ada juga yang tanpa rangka besi. Buis beton yang menggunakan rangka besi atau baja (buis beton bertulang) memiliki daya tahan yang jauh lebih kuat dibanding yang tidak bertulang.

3. Berdasarkan Bentuk

Bentuk busi beton dibagi menjadi dua, yaitu lingkaran penuh dan setengah lingkaran. Bentuknya yang berbeda memberikan dua jenis buis beton ini fungsi yang berbeda.

Jika buis beton biasanya digunakan untuk membuat sumur resapan dan gorong-gorong, buis beton setengah lingkarang difungsikan sebagai saluran drainase. Fungsinya mirip dengan u Ditch, namun ukuran buis beton setengah lingkaran biasanya tidak terlalu besar, hanya cukup untuk mengalirkan debit air yang kecil saja.

Baca juga: 4 Panduan Cara Pemasangan Saluran Air Buis Beton Sesuai Prosedur!

Ukuran dan Harga Buis Beton

Setelah memahami semua fungsi dan juga jenis buis beton, berikut ini adalah ukuran beserta harga buis beton yang bisa Anda gunakan. Ukuran dan harga di bawah ini dibedakan berdasarkan bentuknya, yaitu buis beton lingkarang dan setengah lingkaran.

Harga Buis Beton Utuh

  1. 20 x 100 cm 2,5 cm 1 pcs Rp 70.000
  2. 30 x 100 cm 3 cm 1 pcs Rp 100.000
  3. 40 x 100 cm 4 cm 1 pcs Rp 120.000
  4. 50 x 100 cm 4,5 cm 1 pcs Rp 190.000
  5. 60 x 100 cm 6 cm 1 pcs Rp 250.000
  6. 80 x 100 cm 8 cm 2 pcs Rp 250.000
  7. 100 x 100 cm 8 cm 2 pcs Rp 300.000

Harga Buis Beton U atau Belah

  1. Harga Buis Beton U atau Belah
  2. 20 x 100 cm 2,5 cm 1 pcs Rp 60.000
  3. 30 x 100 cm 3 cm 1 pcs Rp 75.000
  4. 40 x 100 cm 4 cm 1 pcs Rp 90.000
  5. 50 x 100 cm 4,5 cm 1 pcs Rp 120.000
  6. 60 x 100 cm 6 cm 1 pcs Rp 180.000
  7. 80 x 50 cm 8 cm 2 pcs Rp 180.000
  8. 100 x 50 cm 8 cm 2 pcs Rp 200.000

Catatan : harga bisa berubah sewaktu-waktu tergantu bahan dan toko

Pilih Buis Beton Sesuai Kebutuhan!

Buis beton memang menjadi salah satu material yang banyak dipilih untuk membangun gorong-gorong. Tidak hanya sebagai gorong-gorong, buis beton juga bisa berfungsi sebagai material untuk membangun sumur resapan, pengairan, septic tank dan masih banyak lagi.

Sekarang Anda sudah tahu banyak hal tentang buis beton. Selanjutnya Anda bisa memilih buis beton sesuai dengan kebutuhan.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat.

Artikel Terbaru

Kategori

buis beton

Article