Decking Beton

Apa itu Decking Beton? Pengertian dan Fungsi Decking Beton

Decking beton

Decking beton, sudah pernah mendengar atau melihat material beton yang satu ini? Buat Anda yang yang masih awam pasti jarang atau bahkan belum pernah melihat material ini.

Namun, buat Anda yang sering mengerjakan proyek pembangunan, pasti sudah tidak asing lagi dengan decking beton. Karena material ini sangat dibutuhkan ketika Anda melakukan pengecoran beton yang menggunakan rangka besi untuk memperkuat konstruksinya.

Jika dilihat sekilas, decking beton hanya seperti bongkahan beton kecil yang tidak ada gunanya. Namun meski ukurannya kecil, peran decking beton sangat mempengaruhi kualitas beton yang Anda kerjakan.

Agar lebih jelas lagi tentang decking beton, pada artikel ini kita akan membahas tentang pengertian decking beton beserta fungsi. Setelah membaca artikel ini Anda akan lebih mengenal apa itu decking beton.

Pengertian Decking Beton

Decking beton atau yang sering disebut dengan tahu beton adalah beton yang dicetak dalam bentuk kubus atau silinder dengan ukuran dan ketebalan sesuai dengan kebutuhan.

Ketebalan decking beton dibuat sesuai dengan ketebalan beton utama yang akan dibuat. Umumnya berukuran 5 cm dengan diameter 10 cm.

Setiap decking beton biasanya memiliki kawat yang berguna untuk menjaga posisi tulangan besi yang nantinya akan di cor. Karena jika tidak diikat menggunakan kawat tersebut, tulangan bisa saja bergeser ketika dilakukan proses pengecoran.

Pemasangan decking beton sendiri bisa Anda lakukan dengan mudah, meskipun memang membutuhkan waktu karena harus dipasang satu per satu.

Anda tinggal meletakkan decking beton pada bagian bawah tulangan sebagai pengganjal dengan jarak antar decking beton kurang lebih 50 cm sampai 100 cm, kemudian ikatkan kawat bendrat pada anyaman tulang sehingga tidak bergeser.

Baca juga: Cut and Fill : Pengertian, Fungsi, dan Contoh Pemanfaatannya

Fungsi Decking Beton

Decking beton

Secara umum fungsi utama dari penggunaan decking beton yaitu untuk menjaga agar jarak antara tulangan dengan selimut beton sesuai dengan perencanaan awal.

Tanpa menggunakan decking beton, bisa dipastikan tulangan yang Anda pasang posisinya akan turun dan terlalu dekat dengan salah satu sisi selimut beton. Jika hal ini dibiarkan terjadi, maka banyak resiko yang akan ditimbulkan.

Misalnya ketika hal tersebut terjadi, maka besi tulangan akan mengembang sehingga bisa menyebabkan selimut beton mudah retak. Selain itu, retaknya kondisi beton juga akan sangat membahayakan keselamatan penghuni rumah tersebut.

Disamping itu, pengaplikasian decking beton juga berfungsi untuk menjaga kestabilan terhadap tebal ukuran selimut beton, sesuai dengan spesifikasi yang diatur oleh pihak kontraktor. Karena dalam setiap pembangunan, antara kontraktor dengan pemilik tentunya sudah menyetujui ketebalan konstruksi yang harus dibuat.

Baca juga: Definisi dan Spesifikasi Lengkap U Ditch

Bahan Pembuatan Decking Beton

Decking beton

Sebenarnya Anda bisa membuat sendiri daripada membeli decking beton yang sudah jadi. Hanya saja, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencetak decking beton satu per satu. Selain itu juga dibutuhkan tenaga ahli untuk membuat decking beton tersebut.

Decking beton yang Anda beli dan sudah siap digunakan biasanya diproduksi di pabrik khusus beton precast. Sehingga mutu dan kualitas yang dihasilkan cukup baik.

Bahan pembuatan decking beton merupakan campuran spesi atau disebut juga dengan beton. Campuran spesi yang kualitasnya sudah ditentukan kemudian dituang kedalam cetakan dengan ukuran sesuai kebutuhan.

Pembuatan decking ini bertujuan untuk menghasilkan selimut beton sesuai dengan kebutuhan proyek konstruksi. Selimut beton merupakan jarak sisi terluar bahan dengan sisi terluar beton.

Ketebalannya juga perlu Anda sesuaikan dengan kondisi iklim ketika proses pengerjaan proyek konstruksi. Ketika kondisi cuaca ekstrim, tingkat keasaman tentunya lebih tinggi sehingga ketebalan selimut beton harus disesuaikan. Begitupun ketika kondisi cuacanya sedang normal.

Ketebalan selimut beton berfungsi sebagai pelindung dari beton tersebut agar terhindar dari kontaminasi luar yang memiliki dampak langsung terhadap kekuatannya. Selain itu, selimut beton juga berfungsi untuk meningkatkan kekuatan beton dan komponen tulangan besi yang tertanam di dalamnya.

Perkuat konstruksi Anda menggunakan decking beton!

Itulah berbagai hal yang perlu Anda ketahui mengenai decking beton. Jika kebutuhan Anda tidak banyak, Anda bisa membuatnya sendiri dirumah menggunakan cetakan berupa pip PVC.

Namun, terlebih dahulu Anda harus menentukan ketebalan dari beton yang akan Anda buat. Sehingga ukuran dan ketebalan decking beton yang Anda buat juga sesuai.

Sekarang Anda sudah mengetahui lebih banyak tentang decking beton dan bisa menentukan decking beton sesuai dengan kebutuhan konstruksi Anda.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat.

Artikel Terbaru

Kategori

Decking Beton

Article