roster beton

Mengenal Roster Beton yang Bisa Membuat Hunian Lebih Estetik!

Tumpukan roster beton

Roster beton bisa menjadi alternatif tambahkan yang bisa Anda gunakan untuk membuat hunian lebih estetik.

Dunia konstruksi semakin kesini semakin berkembang, banyak ide ide kreatif yang muncul dengan memanfaatkan berbagai material yang ada untuk menciptakan rumah yang aman dan nyaman sebagai tempat tinggal.

Contohnya pada pemanfaatan roster beton. Banyaknya bentuk dan variasi roster beton membuat Anda bisa menentukan roster beton yang sesuai dengan selera Anda.

Apa itu Roster Beton?

Roster beton adalah salah satu jenis material bangunan dengan berbagai macam bentuk yang terbuat dari campuran semen, pasir, dan juga kerikil.

Fungsi dari roster beton sendiri yaitu sebagai alternatif pengganti dinding bata ataupun beton. Bukan sebagai pengganti secara keseluruhan, melainkan untuk dikombinasikan pada bagian bagian bangunan yang diinginkan.

Disamping itu, roster beton juga bisa berfungsi untuk memaksimalkan sirkulasi udara dan cahaya agar lebih mudah masuk ke dalam ruangan.

Sebenarnya ada beberapa jenis roster, seperti roster batako, keramik, GRC, kayu, dan juga roster beton yang akan kita bahas pada artikel ini.

Macam-Macam Pemanfaatan Roster Beton

Semakin beragamnya konsep serta desain sebuah rumah juga membuat pemanfaatan roster beton menjadi semakin beragam.

Tidak hanya dalam hal penempatan, namun juga pemilihan bentuk dan lain sebagainya. Sebagai gambaran buat Anda yang ingin menambahkan elemen roster beton, berikut adalah beberapa contoh pemanfaatan roster beton untuk hunian.

1. Roster Beton untuk Pembuatan Pagar

Roster Beton untuk pembuatan pagar

Pemanfaatan roster beton yang pertama yaitu sebagai pagar rumah, banyak orang yang memilih roster beton dengan motif tertentu untuk dijadikan sebagai elemen pada pagar rumah mereka.

Selain tahan terhadap cuaca diluar ruangan, penggunaan roster beton juga sekaligus menambah nilai artistik dari sebuah rumah. Orang pasti akan penasaran dengan rumah Anda jika dilihat dari pagarnya saja sudah menarik.

Baca juga: 10 Ide Desain Pagar Beton Minimalis modern, Cocok untuk Rumah Milenial

2. Roster Beton Sebagai Penyekat Ruangan

Roster beton sebagai penyekat ruangan

Anda mungkin ingin memberikan sekat antara ruang makan dengan ruang keluarga. Namun Anda tidak ingin menggunakan tembok bata karena masing masing ruangan terasa menjadi lebih sempit.

Roster beton bisa menjadi solusi dari masalah Anda tersebut, Anda tetap bisa menyekat dua ruangan tersebut tanpa membuatnya terasa sempit. Selain itu, lubang roster beton juga bermanfaat untuk memantau aktivitas anak Anda yang sedang berada di ruang keluarga dan Anda sedang berada di ruang makan.

3. Roster Beton Sebagai Furniture rumah

Meskipun pemanfaatan roster beton untuk interior desain terbilang baru, namun sudah banyak sekali orang yang mengaplikasikannya untuk berbagai hal.

Salah satunya dijadikan material untuk membuat furniture rumah, Biasanya, roster yang digunakan untuk perabot atau furniture rumah merupakan hasil dari sisa untuk bahan bangunan. Dengan beberapa modifikasi dan rencana, roster pun berhasil disulap menjadi furnitur yang menarik.

4. Roster Beton untuk Membuat Kursi Taman

Roster beton untuk membuat kursi taman

Jangan salah, Anda juga bisa membuat kursi taman menggunakan roster beton loh. Caranya dengan menyusun roster beton sedemikian rupa sehingga bisa berbentuk seperti bangku taman panjang.

Setelah itu, Anda bisa melakukan finishing dengan pengecatan menggunakan warna sesuai keinginan. Agar lebih nyaman ketika digunakan, Anda juga bisa menambahkan matras ataupun busa pada bagian atasnya sehingga lebih empuk.

Baca juga: 10 Panduan Lengkap : Metode Pemancangan Sheet Pile Beton

5. Roster Beton untuk Dinding utama

Roster beton untuk dinding utama

Berikutnya Anda bisa menggunakan roster beton untuk dinding utama. Dengan menjadikan roster beton sebagai dinding utama, maka kebutuhan akan jendela ruang menjadi lebih sedikit.

Sebab, roster mempunyai celah-celah yang menjadi tempat masuknya udara ke dalam rumah. Sebab, roster mempunyai celah-celah yang menjadi tempat masuknya udara ke dalam rumah.

6. Roster Beton sebagai Fasad Bangunan

Roster beton sebagai fasad bangunan

Selain untuk pagar, bagian depan bangunan rumah Anda juga bisa Anda kombinasikan dengan roster beton, banyak orang sudah melakukan hal ini.

Menggunakan roster beton sebagai fasad bangunan juga akan membuat bangunan rumah Anda tampak lebih elegan dan mewah.

Kelebihan Roster Beton

Berikut ini merupakan berbagai kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan roster beton :

  1. Lebih awet karena terbuat dari bahan berkualitas yang tidak mudah pecah.
  2. Memiliki berbagai macam desain dan motif yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan, baik itu interior maupun eksterior.
  3. Rongga yang terdapat pada roster beton bisa meningkatkan sirkulasi udara dalam ruangan sehingga ruangan bisa lebih sejuk dan dapat tersirkulasi dengan baik
  4. Roster beton dapat diaplikasi ke berbagai jenis bangunan, seperti rumah pribadi, perkantoran, tempat ibadah, ataupun yang lainnya

Kekurangan Roster Beton

Disamping berbagai kelebihan yang dimilikinya, roster beton juga punya beberapa kekurangan yang mungkin perlu Anda pertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

  1. Sedikit mengganggu privasi penghuni rumah karena adanya lubang pada roster beton. Sehingga orang dari luar bisa melihat ke dalam.
  2. Tidak adanya sistem pengait pada roster beton membuat Anda harus memasangnya dengan presisi agar lebih kuat dan rapi
  3. Beberapa jenis roster beton kurang cocok dijadikan sebagai dinding utama karena kurang kuat menahan beban
    Percantik rumah kamu menggunakan roster beton!

Tertarik untuk menggunakan roster beton untuk rumah Anda? jangan lupa untuk menyiapkan desain dan rancangannya, baik itu dalam bentuk gambar digital ataupun cetak. Sehingga Anda sudah punya gambaran bagaimana bentuknya nanti ketika sudah terpasang.

Pastikan juga Anda memilih motif dan bentuk yang tepat, karena itu sangat berpengaruh pada keindahan dan fungsi dari roster beton itu sendiri.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat.

Artikel Terbaru

Kategori

roster beton

Article