rabat beton

Rabat Beton : Pengertian dan Kegunaannya dalam Konstruksi

Rabat beton

Pada proses pengerjaan sebuah bangunan atau konstruksi, ada banyak tahapan dan bahan yang digunakan agar bangunan tersebut semakin kokoh, salah satunya yaitu penggunaan rabat beton.

Anda sudah pernah mendengar tentang rabat beton? Rabat beton adalah salah satu bahan yang banyak digunakan dalam sebuah konstruksi dan memiliki berbagai fungsi tersendiri, utamanya untuk pelapisan permukaan tanah.

Buat Anda yang akan memulai proses pembangunan rumah atau bangunan lainnya, informasi ini mungkin penting Anda ketahui.

Nah, pada artikel ini kami akan membahas secara lengkap tentang rabat beton, mulai dari pengertian, fungsi, kelebihan, dan kekurangan, serta cara pembuatannya. Jadi bagi Anda yang membutuhkan informasi ini, baca artikelnya sampai akhir.

Apa itu Rabat Beton?

Rabat beton atau sering juga disebut lean concrete adalah lapisan beton yang terdiri dari campuran semen, pasir dan juga kerikil dengan perbandingan 1:3:5.

Rabat beton dibangun di dalam galian tanah yang difungsikan sebagai landasan cor beton dan juga sebagai cetakan (bekisting) cor beton pada sisi bawah. Dengan kandungan semen kurang dari 10%, membuat lean concrete ini menjadi bahan yang memiliki kekuatan rendah.

Lalu apa bedanya rabat beton dengan beton biasa?

Perbedaan antara rabat beton dengan beton biasa terletak pada campuran konsentrat dan semen dalam pembuatannya. Hal itulah yang menyebabkan kualitas beton biasa lebih baik dibandingkan rabat beton.

Fungsi Rabat Beton atau Lean Concrete

Proses pemasangan rabat beton

Sampai disini mungkin Anda masih bingung, kenapa harus menggunakan rabat beton sebagai dasar pondasi? kenapa tidak langsung menggunakan beton biasa saja yang jelas-jelas lebih kokoh?.

Seperti yang kita sebutkan diawal tadi, penggunaan rabat beton hanya digunakan sebagai lapisan saja. Pemberian lapisan itu dilakukan bukan tanpa tujuan, pelapisan menggunakan rabat beton memiliki berbagai fungsi sebagai berikut.

  • Menjaga permukaan jalan tidak becek saat hujan
  • Untuk menstabilkan kerataan permukaan beton
  • Mencegah kelembaban permukaan tanah
  • Sebagai landasan cor beton
  • Digunakan untuk landasan cetakan (bekisting) cor beton pada sisi bawah
  • Penyetabil kerataan permukaan beton
  • Mempermudah para pekerja dalam menyelesaikan tugasnya karena kondisi lingkungan yang lebih bersih dan tidak becek.

Tidak cukup sampai disitu, pada sebuah proyek konstruksi, rabat beton kerap digunakan untuk pembangunan jalan.

Tujuannya agar dapat membantu menahan beban bergerak dari pejalan kaki (pekerja proyek) maupun kendaraan yang melintas. Sehingga jalanan tidak becek dan bisa mengganggu mobilitas pekerja.

Baca juga: Mengenal Roster Beton yang Bisa Membuat Hunian Lebih Estetik!

Kelebihan Rabat Beton

Rabat beton

Rabat beton bisa dikatakan sebagai bahan pendukung yang biasa digunakan dalam proses pembangunan sebuah konstruksi.

Meskipun memiliki kualitas yang tidak terlalu baik, banyak juga yang memanfaatkan rabat beton sebagai material pengeras jalan. Ini bisa menjadi alternatif jika dirasa penggunaan paving block jauh lebih mahal.

Sebelum menggunakan rabat beton, Anda perlu mengetahui beberapa kelebihan rabat beton sebagai berikut:

1. Membuat Proses Pengerjaan Konstruksi Menjadi Lebih Cepat

Saat melakukan proses pembangunan di lahan yang baru saja diratakan atau yang memiliki tekstur tanah lembek, tentu saja akan berpengaruh pada waktu pembangunan tersebut.

Hal itu terjadi karena mobilitas pekerja proyek akan terganggu oleh lumpur dan juga tanah yang becek, sehingga akan jelas itu akan sangat mengganggu.

Dengan bantuan rabat beton untuk mengeraskan jalan area proyek pembangunan, tentu akan sangat berguna dan bisa mempercepat proses pengerjaan konstruksi.

2. Mempermudah Pembesian Tulangan Beton

Kelebihan berikutnya dari penggunaan rabat beton yaitu dapat mempermudah pembesian tulangan beton.

Dengan adanya rabat beton yang sudah memiliki permukaan yang lurus dan stabil, maka proses pembesian tulangan beton bisa Anda lakukan dengan lebih mudah. Sangat berbeda dibandingkan tanpa menggunakan rabat beton.

Baca juga: Mengenal Jenis-Jenis Sheet Pile Beserta Fungsi dan Kelebihannya (Terbaru 2022)

3. Mempermudah Proses Pembuatan Cor Bangunan

Penggunaan rabat beton juga akan sangat membantu anda dalam pembuatan cor sebuah bangunan. Komposisi dan bahan rabat beton yang lebih cair membuat proses pengecoran menjadi lebih mudah. Meski begitu, rabat beton tidak mempengaruhi kualitas bangunan secara keseluruhan.

4. Memiliki Permukaan yang Rata

Jika Anda menggunakan rabat beton untuk pengerasan jalan, hasilnya jauh lebih rata dibandingkan jika Anda menggunakan paving block.

Hasil penggunaan paving block memiliki celah-celah kecil sehingga sulit digunakan untuk menempatkan pondasi. Namun, celah itu juga bisa berguna sebagai jalur meresapnya air ke dalam tanah.

Jadi, Anda bisa mempertimbangkannya sesuai dengan kebutuhan.

Kekurangan Rabat Beton

Rabat beton

Disamping memiliki beberapa kelebihan, lean concrete juga memiliki kekurangan yang perlu Anda ketahui. Sehingga Anda punya pertimbangan yang matang sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

1. Perlu Perhitungan yang Tepat

Campuran material yang Anda gunakan untuk membuat rabat beton harus Anda perhitungkan dengan baik. Jika Anda asal mencampurkan material tanpa perhitungan yang tepat, maka bisa menyebabkan rabat beton tersebut mudah retak seiring dengan berjalannya waktu.

Begitupun ketika Anda menggunakan kerikil yang terlalu banyak, hasil rabat beton akan cenderung kasar. Jadi, pastikan Anda memperhitungkan campuran materialnya dengan baik.

2. Tidak Bisa Dikerjakan saat Hujan

Mutu rabat beton akan semakin rendah jika terkena air hujan. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengerjakannya saat cuaca tidak hujan.

Air hujan akan membuat rabat beton semakin cair sehingga material didalamnya akan sulit tersusun dengan baik.

3. Harus Dikerjakan Sekaligus

Selain tidak bisa dikerjakan saat hujan, Anda juga harus mengerjakan pemasangan rabat beton di waktu yang sama.

Jika Anda berusaha untuk menumpuk antara beton lama yang sudah kering dengan rabat beton baru, keduanya akan sulit menyatu. Jika dipaksakan justru akan menimbulkan celah.

Manfaatkan Rabat Beton Sesuai dengan Peruntukannya!

Sekarang Anda sudah punya gambaran tentang berbagai fungsi dari rabat beton. Selanjutnya Anda bisa memanfaatkan rabat beton sesuai dengan fungsinya.

Agar mendapatkan hasil yang maksimal, serahkan proses pencampuran dan pembuatan rabat beton kepada ahlinya.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat untuk Anda.

Artikel Terbaru

Kategori

rabat beton

Article