paving rumput,grass block,paving block

Mengenal Paving Rumput atau Grass Block Lengkap Beserta Ukuran dan Harganya!

Paving rumput atau grass block lengkap

Pernah melihat halaman rumah yang dipasangi paving tapi ditumbuhi rerumputan di sela-selanya? Itu bukan karena tidak dibersihkan, tetapi paving tersebut memang sengaja diberi ruang agar bisa ditanami atau ditumbuhi rumput.

Pemilik rumah biasanya menggunakan paving rumput atau grass block sebagai material untuk pemadatan tanah. Selain agar lebih rapi dan tidak becek ketika terkena hujan, paving rumput juga memberikan kesan asri pada sebuah rumah karena adanya unsur hijau dari rerumputan yang ditanam.

Sebelum memilih untuk menggunakan jenis paving yang satu ini, kami akan menunjukkan kepada Anda berbagai hal yang berkaitan dengan paving rumput. Mulai dari pengertian, fungsi, jenis, hingga kelebihan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan paving rumput. Simak artikel ini sampai akhir!

Pengertian Paving Rumput

Grass block adalah salah satu jenis paving yang biasanya digunakan sebagai pemadat tanah ataupun jalan. Dikutip dari rumah.com, grass block merupakan produk beton yang berbentuk kecil yang disusun diatas tanah dengan tujuan membuat jalan lebih padat, keras, dan rata.

Berbeda dari jenis paving lainnya, grass block memiliki ciri-ciri dan keunikan khusus yaitu adanya lubang sehingga bisa ditumbuhi rumput. Rumput yang tumbuh atau sengaja ditanami pada lubang paving rumput bisa berfungsi sebagai dekorasi halaman rumah agar lebih hijau dan adem.

Tidak hanya itu, lubang-lubang yang ada di paving rumput juga memiliki berbagai kelebihan serta manfaat yang bisa didapatkan oleh pemilik rumah.

Jenis-Jenis Paving Rumput

Paving rumput atau grass block lengkap

Buat orang awam, semua jenis grass block mungkin terlihat sama. Namun, jika dilihat berdasarkan cara pembuatannya, terdapat dua jenis grass block yang bisa Anda pilih.

Bahan serta proses pembuatan grass block sangat berpengaruh pada kualitas grass block yang dihasilkan.

  • Grass Block Press

    Grass block yang pertama yaitu grass block press. Sesuai namanya, grass block ini diproduksi menggunakan mesin press. Penggunaan mesin press membuat kualitas kepadatan paving menjadi sangat baik. Semakin padat paving, tentunya akan lebih tahan lama dan tidak mudah patah.

    Jika Anda membutuhkan grass block untuk area jalan yang sering dilewati kendaraan, grass block jenis ini lebih cocok untuk digunakan.
  • Grass Block Manual

    Jenis grass block yang kedua yaitu grass block manual. Kenapa disebut manual? karena proses pembuatannya dilakukan oleh tangan manusia secara manual.

    Bahan paving yang sudah dicampur sesuai takaran selanjutnya dimasukkan kedalam cetakan khusus. Bahan yang sudah berada dalam cetakan selanjutnya dipadatkan agar nantinya tidak mudah pecah. Namun, tekanan yang diberikan secara manual tidak sekuat tekanan menggunakan mesin press. hal itu membuat struktur paving tidak bisa sepadat grass block press.

    Jenis grass block manual banyak digunakan untuk menahan beban rendah seperti untuk halaman rumah. Selain itu, paving rumput manual tersebut biasanya memiliki ketebalan 6 cm.

Baca juga: Cek Yuk! Daftar Harga Paving Per Meter Terbaru 2022

Kelebihan Paving Rumput

Kelebihan paving rumput tidak jauh berbeda dengan paving block. Namun, jika soal ketahanan, paving block tentu jauh lebih tahan lama dibanding paving rumput.

Hanya saja ada kelebihan lain yang dimiliki paving rumput namun tidak dimiliki paving jenis lainnya. Berikut adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh paving rumput.

1. Lebih Mudah Menyerap Air

Daerah resapan air seharusnya menjadi pertimbangan penting dalam memilih rumah, apalagi perumahan di kota-kota besar. Anda tentu tidak mau kan halaman rumah Anda terjadi genangan sana-sini karena tidak memikirkan resapan air? Hal itu tidak akan Anda alami jika menggunakan paving rumput.

Rongga atau lubang yang terdapat pada grass block akan menjadi jalan yang mempermudah air untuk meresap kedalam tanah. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir terjadi genangan ketika musim hujan tiba.

2. Menambah Nilai Estetik Halaman Rumah

Rumput yang sengaja ditanam atau dibiarkan tumbuh dari lubang grass block akan menambah keindahan halaman rumah Anda. Jika dilihat dari luar, rumah Anda akan terlihat lebih asri dibandingkan jika menggunakan paving block biasa.

Ada berbagai jenis rumput yang bisa Anda tanam di grass block. Contohnya seperti rumput jepang, rumput swiss, rumput manila yang biasa digunakan untuk lapangan sepak bola dan lain sebagainya.

Baca juga: Model dan Cara Pemasangan Paving Block yang Mudah dan Rapi

3. Model dan Ukuran Sangat Beragam

Pengaplikasian grass block sendiri tidak hanya untuk halaman rumah saja, Anda juga menggunakannya untuk carport, area taman, jalan setapak masuk ke rumah dan lain sebagainya.

Disamping itu, terdapat berbagai model grass block yang bisa Anda pilih, mulai dari yang 2 lubang, 5 lubang, hingga 8 lubang. Semakin banyak lubang, artinya semakin sedikit jumlah paving rumput yang Anda butuhkan.

4. Perawatan Mudah

Merawat grass block tidak begitu susah, Anda cukup menyiramnya menggunakan air agar rumput bisa tumbuh sehat. Jika dirasa sudah terlalu panjang, Anda bisa memotong rumputnya agar lebih rapi.

Namun, butuh perhatian lebih ketika sudah masuk musim hujan. Rumput-tumput tersebut tentunya akan tumbuh lebih subur sehingga harus sering-sering dipotong. Selain itu, di sisi-sisi yang jarang dilewati kendaraan juga pasti akan ditumbuhi lumut.

Ukuran dan Harga Paving Rumput

Ukuran dan harga paving rumput cukup beragam tergantung model, ukuran, dan jenisnya. Harga di setiap produsen atau distributor biasanya menyesuaikan dengan kualitas dan ketebalan dari paving rumput yang dibuat.

Berikut ini adalah daftar ukuran dan harga paving rumput.

*Harga tersebut bisa berubah sesuai dengan harga bahan baku

Catatan Spesifikasi :
● Paving Rumput Lubang 2 memiliki ukuran 20 x 20 cm
● Paving Rumput Lubang 5 memiliki ukuran 40x 40 cm
● Paving Rumput Lubang 8 memiliki ukuran 45 x 30 cm

Gunakan Paving Rumput agar Halaman Lebih Hijau!

Setelah mengetahui lebih detail tentang paving rumput, kini giliran Anda untuk menentukan model dan jenis paving rumput yang cocok untuk halaman rumah Anda.

Rencanakan dan persiapkan dengan baik kebutuhan yang perlu Anda persiapkan untuk memasang paving rumput. Semakin matang persiapan, maka semakin kecil potensi pembengkakan biaya yang Anda butuhkan nantinya karena sudah Anda antisipasi sebelumnya.

Jika tidak ingin terlalu lama menunggu rumputnya tumbuh, Anda bisa menanaminya sendiri sehingga halaman rumah Anda segera menjadi lebih asri dan segar dilihat mata.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya bermanfaat.

Artikel Terbaru

Kategori

paving rumput,grass block,paving block

Article