pagar panel beton, panel beton precast, harga pagar panel beton

Harga Pagar Panel Beton Terpasang Terbaru 2022

Pagar panel beton

Pagar panel beton saat ini menjadi salah satu bahan konstruksi yang banyak dipilih untuk membatasi area tertentu.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang berbagai hal yang berkaitan dengan pagar panel beton meliputi komponen, kelebihan dan kekurangan, daftar ukuran dan harga, hingga cara pemasangan pagar panel beton precast.

Seperti yang kita ketahui, saat ini sudah banyak jenis pagar yang bisa digunakan untuk membuat tapal batas atau memagari suatu area tertentu. Salah satunya yaitu pagar panel beton.

Pagar panel beton banyak dipilih karena memiliki ketahanan terhadap berbagai kondisi serta mampu menghasilkan dinding beton yang kokoh serta tahan lama.

Mengenal Pagar Panel Beton

Pagar panel beton merupakan salah satu jenis dari beton precast atau beton pracetak yang berbentuk balok namun agak sedikit pipih. Hal itu bertujuan untuk memudahkan ketika pemasangan menjadi sebuah pagar yang kokoh.

Pagar panel beton sering dimanfaatkan untuk membuat pagar batas suatu wilayah seperti perumahan, pabrik, sekolah, kampus dan lain sebagainya.

Selain dari segi kekuatan, pagar yang dibuat menggunakan panel beton terlihat jauh lebih rapi dan presisi karena diproduksi menggunakan cetakan yang seukuran.

Komponen Pagar Panel Beton

Panel beton

Dibutuhkan beberapa komponen untuk bisa membuat pagar panel beton berdiri kokoh. Beberapa komponen ini memiliki fungsinya masing – masing dan saling bergantung satu sama lain. Berikut adalah beberapa komponen pagar panel beton.

1. Daun Panel Beton

Komponen pertama sekaligus yang utama yaitu daun panel beton. Komponen inilah yang nantinya berfungsi menutup sebuah lokasi agar tidak ada gangguan dari luar.

Dibutuhkan sejumlah daun panel beton yang disusun secara vertikal untuk membuat sebuah pagar. Daun panel beton umumnya tersedia dengan berbagai ukuran agar lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Baca juga: Beton Precast : Jenis, Fungsi, dan Kelebihannya

2. Tiang Kolom Panel Beton

Komponen pagar panel beton berikutnya yaitu tiang kolom panel beton. Tiang kolom ini berfungsi sebagai fondasi dan menahan susunan daun panel.

Terdapat sedikit rongga pada bagian kanan dan kiri tiang yang nantinya menjadi tempat menyususun daun panel beton. Kuat tidaknya sebuah pagar panel beton juga sangat dipengaruhi oleh seberapa kuat dari pemasangan tiang kolom ini.

Selain itu, kolom panel beton juga harus dipasang sejajar dan presisi agar panel beton mudah dimasukkan dan disusun diantara kolom beton tersebut.

3. Kawat Berduri

Komponen yang satu ini sebenarnya bersifat opsional. Jika ditambahkan maka akan semakin aman, namun jika tanpa kawat berduri pun tidak masalah, jadi menyesuaikan dengan kebutuhan.

Kawat berduri biasanya dipasang pada bagian atas pagar panel beton untuk membuat lingkungan yang dipagari menjadi lebih aman. Kawat berduri juga tersedia berbagai macam bentuk dan ukuran yang bisa dipilih sesuai keinginan.

Komponen-komponen tersebut dibawa dari pabrik pembuatan beton precast menuju lokasi konstruksi, kemudian dirakit menjadi pagar sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: Model dan Cara Pemasangan Paving Block yang Rapi

Kelebihan Pagar Panel Beton

Sebelum memutuskan untuk menggunakan pagar panel beton, Anda perlu mengetahui kelebihan yang akan Anda dapatkan jika menggunakan pagar panel beton. Berikut beberapa kelebihan yang harus Anda ketahui.

1. Kokoh dan Tahan Lama

Dibuat dengan campuran bahan yang takarannya sudah disesuaikan dan memiliki standarisasi mutu. Pagar yang dibuat menggunakan panel beton dinilai lebih kokoh serta tahan lama. Selain itu, pagar panel beton juga tidak memerlukan perawatan khusus.

Jika dipasang dengan baik dan tidak ada masalah pada tanah tempat pagar dibangun, contohnya seperti pergeseran tanah, longsor dan lain sebagainya. Pagar panel beton bisa bertahan hingga puluhan tahun.

2. Pengerjaan Cepat dan Efisien

Pagar panel beton sudah dibuat di pabrik yang berbeda dan tinggal dibawa ke lokasi untuk dipasang, hal itu membuat pengerjaan pagar menjadi lebih cepat dan efisien.

Berbeda dengan jika membuat pagar menggunakan bata merah, Anda butuh waktu lebih lama untuk membangun pagar sampai dengan jadi.

3. Bisa Dibongkar Pasang

Kelebihan lain dari pagar panel beton yaitu bisa dibongkar pasang. Karena pagar ini disusun hanya dengan ditumpuk dengan bantuan tiang kolom, memudahkan Anda jika suatu saat ingin membongkar atau memindahkan posisi pagar.

Pagar bisa dipindahkan tanpa menghancurkan material panel beton sehingga bisa menghemat biaya.

4. Biaya Lebih Murah

Distributor atau penjual panel pagar beton biasanya menjual satu paket dengan biaya pemasangan. Itu artinya Anda tidak perlu lagi mencari tukang untuk memasang pagar panel beton.

Anda sudah terima beres hingga pagar yang Anda inginkan berdiri kokoh. Namun, harga ini tergantung juga dengan lokasi Anda. Jadi, bisa Anda pastikan terlebih dahulu dengan menanyakan detail harganya.

4. Rapi dan Elegan

Pagar yang dibuat menggunakan bata merah membutuhkan beberapa tahap agar bisa terlihat rapi, misalnya harus diplester terlebih dahulu dan sebagainya.

Berbeda dengan pagar yang dibuat menggunakan panel beton, permukaan yang halus dan datar membuat pagar ini terlihat lebih rapi. Susunan yang tepat juga bisa membuat pagar panel beton jauh lebih elegan.

Kekurangan Pagar Panel Beton

Dibalik banyaknya kelebihan, berikut ini juga kami berikan kekurangan dari penggunaan pagar panel beton yang perlu Anda ketahui.

1. Tidak Bisa Dimodifikasi

Pertama, karena pagar ini dibuat dengan cetakan dan ukurannya juga cukup besar. Pagar panel beton sulit untuk dimodifikasi. Bentuk yang anda dapatkan sesuai dengan panel beton yang sudah tersedia di pabrik.

2. Harga Berubah – Ubah

Harga panel beton seringkali berubah – ubah karena mengikuti harga bahan bakunya. Sehingga jangan heran jika harga panel beton seringkali mengalami perubahan.

Sebelum membeli, Anda bisa mengecek terlebih dahulu harga dipasaran atau menanyakan langsung kepada penjual atau distributornya.

3. Belum Banyak Produsen di Daerah

Produksi pagar panel beton masih banyak dilakukan di kota-kota besar yang mudah dijangkau. Namun, nampaknya sekarang juga sudah banyak distributor yang memasarkan panel beton ke daerah-daerah.

4. Lokasi Harus Bisa Diakses Kendaraan Besar

Pembelian pagar panel beton dalam jumlah banyak akan diantar menggunakan kendaraan besar, maka dari itu lokasi Anda juga harus bisa dijangkau oleh kendaraan besar.

Namun, jika lokasi Anda memang hanya muat untuk kendaraan sedang atau kecil, Anda bisa sedikit mengakalinya dengan memindahkan sedikit demi sedikit dari jalan besar menuju lokasi pembangunan.

5. Sulit Menentukan Material Terpercaya

Semakin banyak produsen beton precast membuat Anda harus cermat dalam membeli panel beton. Semakin tinggi persaingan maka biasanya produsen tidak begitu memperhatikan lagi kualitas dari beton.

Mereka cenderung berusaha menjual dengan harga yang murah, namun kualitasnya dipertanyakan. Oleh karena itu, Anda perlu berhati-hati ketika ingin membeli panel beton, pastikan mutu dari panel beton tersebut memang berkualitas.

Daftar Ukuran dan Harga Panel Pagar Beton

Daftar ukuran dan harga panel pagar beton
Daftar ukuran dan harga panel pagar beton
Daftar ukuran dan harga panel pagar beton
Daftar ukuran dan harga panel pagar beton

KETERANGAN:

  • Harga A & B biaya transport untuk wilaya DKI di atas truk.
  • Harga belum termasuk PPN & PPH.
  • Point C: Harga terpasang dengan jarak angkutan 25 M dari penurunan barang apabila melebihi akan diperhitungkan kemudian & kondisi tanah standard.
  • Harga sewaktu waktu dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.

Kesimpulan

Menggunakan panel beton untuk membuat pagar adalah pilihan terbaik. Selain karena lebih cepat dalam hal pengerjaan, lebih rapi dan bisa dibongkar pasang. Pagar panel beton juga memiliki daya tahan hingga puluhan tahun.

Namun, sebelum memutuskan membeli pagar panel beton, pastikan sekali lagi kualitas dari pagar panel beton yang ingin Anda gunakan. Apakah mutunya sudah sesuai dengan standar atau tidak. Jika perlu tanyakan langsung pada penjual atau distributor terkait mutu beton tersebut.

Sheracon menjadi salah satu penyedia beton precast yang bisa Anda percaya. Jika Anda saat ini membutuhkan pagar panel beton atau beton precast lainnya, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Terima kasih

Artikel Terbaru

Kategori

pagar panel beton, panel beton precast, harga pagar panel beton

Article