RAB pagar panel beton,pagar panel beton

3 Cara Akurat Menghitung RAB Pagar Panel Beton Terbaru 2022

Pagar panel beton

Menghitung RAB pagar panel beton menjadi aspek penting yang harus Anda lakukan jika tidak ingin terjadi pembengkakan anggaran dalam pembangunan.

Pengerjaan pembangunan tentu tidak terlepas dari perhitungan anggaran. Karena melalui penghitungan anggaran Anda jadi tahu berapa banyak material yang Anda butuhkan serta berapa besar biaya yang perlu Anda siapkan untuk pembangunan tersebut.

Tanpa adanya rencana anggaran pembangunan yang jelas, bisa saja biaya yang Anda miliki tidak cukup untuk melakukan pembangunan tersebut. Apalagi jika anggaran biaya yang Anda miliki jumlahnya terbatas, tentu harus dipersiapkan secara baik agar proyek yang ingin Anda kerjakan bisa berjalan dan selesai dengan hasil yang memuaskan.

Pada artikel ini kita akan membahas tentang pentingnya membuat RAB dalam pembangunan pagar panel beton serta cara menghitung RAB pagar panel beton agar lebih akurat. Disamping itu kami juga akan menunjukkan cara menghitung kebutuhan bahan dalam pembangunan pagar panel beton. Baca artikel ini sampai akhir!

Tujuan Pembuatan RAB

Pembuatan RAB pagar panel beton berguna demi kelancaran proses pembangunan yang Anda lakukan. karena di dalamnya, Anda akan melihat perhitungan berbagai hal mulai dari kebutuhan material, kebutuhan alat pendukung dan lain sebagainya.

Ada beberapa tujuan penting yang mendasari perlunya melakukan pembuatan RAB pagar panel beton. berikut adalah beberapa diantaranya.

1. Sebagai Dasar Pemilihan Kontraktor Pelaksana

Dari hasil perhitungan RAB, Anda akan melihat jenis pekerjaan yang perlu dilakukan serta beban kerja yang ada. Hasil ini akan sangat membantu Anda ketika ingin memilih kontraktor pelaksana pembangunan.

Jangan sampai anda salah memilih kontraktor, misalnya beban kerja proyek anda cukup besar tapi anda menyerahkannya pada kontraktor yang biasanya mengerjakan proyek dengan beban kerja dibawah itu. Resikonya, proyek Anda kemungkinan akan molor atau bahkan kontraktor tidak mampu menyelesaikan proyek tersebut.

2. Menentukan Jumlah Total Biaya Pekerjaan

Tujuan membuat RAB pagar panel beton berikutnya tentu untuk mengetahui total biaya pekerjaan yang harus Anda siapkan. Dalam sebuah RAB terdapat uraian tentang item pekerjaan apa saja yang diperlukan. Misalnya estimasi upah pekerja, biaya belanja material, dan juga peralatan pendukungnya.

Maka dari itu, penting sekali menghitung RAB pagar panel beton dengan baik agar semua bisa dipersiapkan dengan matang. Meskipun biasanya, dalam sebuah proyek ada biaya-biaya tidak terduga yang harus dikeluarkan ketika proyek sudah berlangsung. Namun setidaknya Anda sudah punya gambaran tentang perkiraan dana yang harus Anda persiapkan.

Baca juga: 8 Cara Pemasangan Pagar Panel Beton Secara Manual

3. Mengetahui Jumlah Material yang Dibutuhkan

Jenis material yang dibutuhkan dalam pembangunan pagar panel beton juga termasuk dalam item yang terdapat di RAB. Disitu tertera jenis material apa saja yang dibutuhkan, harga dari masing-masing material beserta jumlahnya.

Jadi, pelaksana proyek berbelanja material berpedoman pada RAB yang telah dibuat sebelumnya. Sedangkan untuk jumlah materialnya sendiri biasanya dihitung berdasarkan volume pekerjaan yang ada di lapangan.

4. Mengetahui Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Pekerjaan

Sama halnya dengan material yang dibutuhkan, pekerjaan pembangunan juga membutuhkan peralatan pendukung sesuai dengan kebutuhan. Misalnya seperti ember, tang, skop dan lain sebagainya. Jenis dan jumlah peralatan tersebut juga dimasukkan dalam daftar yang ada dalam RAB pagar panel beton.

Harga Pemasangan Pagar Panel Beton

Harga pemasangan pagar panel beton

Harga-harga diatas sesuai dengan harga yang berlaku di daerah masing-masing.

Cara Menghitung Volume Pagar

Sebagai dasar menentukan jumlah material yang dibutuhkan. Anda perlu mengetahui volume pekerjaan yang ada di lapangan. Sebagai contoh, Anda ingin membangun pagar panel beton dengan panjang 50 m dan ketinggian 2 m. Maka volumenya bisa Anda hitung dengan cara berikut.

Volume panel beton = panjang x tinggi
Volume panel beton = 50m x 2m
Volume panel beton = 100 m2

Artinya volume pekerjaan anda adalah 100 m2.

Baca juga: Cek Yuk! Daftar Harga Paving Per Meter Terbaru 2022

Cara Menghitung RAB Pagar Panel Beton

Setelah mengetahui deskripsi harga pemasangan serta volume pekerjaan yang Anda butuhkan. Selanjutnya Anda bisa mulai menghitung RAB pagar panel beton.

Dengan gambaran membuat 100 m2 pagar panel beton dan harga satuan Rp. 571.912,- maka dibutuhkan rencana anggaran biaya sebagai berikut :

RAB Pagar panel beton = volume m2 x harga per m2
RAB Pagar panel beton = 100 m2 x 571.912
RAB Pagar panel beton = Rp.57.191.200

Cara Menghitung Kebutuhan Bahan

Berikutnya Anda bisa menghitung kebutuhan bahan untuk membangun pagar panel beton. Berikut adalah perkiraan besar bahan yang Anda butuhkan untuk membangun pagar panel beton seluas 100m2.

  • Panel beton pracetak = 100m2 x 0,9860 lbr = 98,6 lbr.
  • Kolom beton pracetak = 100m2 x 0,5250 btg = 52,5 btg.
  • Semen portland = 100m2 x 45 kg = 4500kg, jika 1 zak isi 50kg, maka jumlah zak semen 4500kg/50kg = 90 zak.
  • Pasir beton = 100m2 x 0,074 m3 = 7,4 m3.
  • Koral = 100m2 x 0,146 m3 = 14,6 m3.

Beberapa perhitungan diatas bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan volume pagar panel beton yang akan Anda bagung.

Terima kasih sudah membaca artikel ini sampai akhir, semoga informasinya membantu buat anda yang sedang mempersiapkan pembangunan pagar panel beton.

Artikel Terbaru

Kategori

RAB pagar panel beton,pagar panel beton

Article