Cara membuat septic tank dengan buis beton,buis beton septic tank,pemasangan buis beton

Berikut Ini 5 Cara Membuat Septic Tank dengan Buis Beton

Buis beton

Cara membuat septic tank dengan buis beton tidaklah sulit. Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam proses pembuatannya.

Sebenarnya, banyak jenis material yang bisa Anda gunakan untuk membuat septic tank. Contohnya seperti septic tank fiberglass, biorich, dan juga plastik. Tetapi jika dibandingkan ketiga jenis tersebut, buis beton menjadi material yang paling mudah ditemukan di berbagai tempat.

Dalam proses pembuatan septic tank Anda juga harus memperhatikan berbagai hal seperti ukuran septic tank serta jarak ideal septic tank dengan sumur. Hal itu bertujuan agar limbah yang ditampung di septic tank tidak mencemari sumber air di sumur.

Cara membuat septic tank juga perlu Anda perhatikan agar septic tank bisa berfungsi dengan semestinya.

Pada artikel ini kita akan menunjukkan beberapa kelebihan menggunakan septic tank buis beton. Serta cara membuat septic tank yang bisa Anda ikuti. Simak artikel ini sampai akhir untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Kelebihan Menggunakan Septic Tank Buis Beton

Tumpukan buis beton

Setiap jenis material septic tank memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mulai dari segi harga, ketahanan, dan kemudahan dalam proses pemasangannya.

Jadi, perlu Anda pertimbangkan juga berbagai hal tersebut terutama dalam segi ketahanannya. Karena secara umum, membuat sebuah septic tank tentu tujuannya agar bisa bertahan untuk jangka panjang.

Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang bisa Anda dapatkan jika membuat septic tank menggunakan buis beton.

  1. Lebih Tahan Lama.

    Material buis beton yang kuat dapat bertahan bertahun-tahun bahkan hingga puluhan tahun. Dengan catatan, ketika Anda membeli buis beton, Anda sudah memastikan bahwa beton tersebut memiliki kualitas yang baik.
  2. Lebih mudah didapatkan.

    Buis beton bisa dengan mudah Anda dapatkan di berbagai toko bangunan yang ada di sekitar rumah Anda. Selain itu Anda juga bisa memilih ukuran buis beton sesuai dengan kebutuhan.
  3. Lebih kuat menahan beban.
    Jika lahan Anda terbatas, mungkin tidak ada pilihan lain selain membangun septic tank di tempat yang sering dilewati. Misalnya di tempat parkir atau halaman samping.

Dengan membuat septic tank menggunakan buis beton, Anda tidak perlu khawatir buis beton akan mudah pecah jika dilewati kendaraan di atasnya. Karena bahan buis beton cukup kuat untuk menahan beban tersebut.

Itulah beberapa kelebihan yang mungkin bisa Anda jadikan pertimbangan memilih membuat septic tank menggunakan buis beton.

Baca juga: 4 Panduan Cara Pemasangan Saluran Air Buis Beton Sesuai Prosedur!

Cara Membuat Septic Tank dengan Buis Beton

Pada awalnya buis beton hanya dimanfaatkan sebagai media untuk saluran irigasi atau drainase. Namun, seiring berjalannya waktu banyak yang menggunakan buis beton untuk kebutuhan lain seperti membuat sumur resapan dan juga septic tank.

Cara membuat septic menggunakan buis beton tidaklah sulit, hanya saja dibutuhkan beberapa orang untuk mengangkat buis beton. Mengingat bahan buis beton yang memiliki beban yang cukup berat. Disamping itu jika tidak dilakukan dengan hati-hati bisa menyebabkan buis beton pecah.

Berikut ini adalah cara membuat septic tank menggunakan buis beton yang bisa Anda lakukan dirumah.

1. Mempersiapkan dan menentukan lokasi septic tank

Membuat septic tank dimulai dengan melakukan perencanaan dan juga persiapan. Terdiri dari penentuan lokasi, pengukuran, dan juga menyiapkan peralatan yang dibutuhkan.

Pilihlah lokasi septic tank yang tidak terlalu jauh dengan toilet. Sehingga pipa paralon yang Anda butuhkan tidak terlalu banyak. Jika sumber air Anda menggunakan sumur, jarak yang disarankan setidaknya lebih dari 10 meter agar limbah di septic tank tidak mencemari sumur tersebut.

Setelah menentukan titik yang sesuai, selanjutnya Anda perlu mengukur kebutuhan septic tank yang akan Anda buat. Semakin besar ukurannya tentu akan bertahan lebih lama. Anda bisa mempertimbangkannya dengan menghitung jumlah orang yang menggunakan toilet tersebut. Intinya Anda bisa membuat ukuran septic tank sesuai kebutuhan atau ketersediaan lahan.

Berikutnya persiapkan alat yang nantinya Anda gunakan, misalnya cangkul, linggis dan lain sebagainya.

2. Membuat galian area titik septic tank

Setelah semua persiapan sudah Anda lakukan, tahap selanjutnya yaitu melakukan penggalian area titik septic tank yang sudah ditentukan.

Lebar dan kedalaman galian bisa Anda sesuaikan dengan ukuran buis beton yang Anda gunakan. Ukuran septic tank untuk kebutuhan rumah tangga sendiri biasanya sekitar 80 cm sampai 100 cm dengan kedalaman 1-3 meter.

Baca juga: 10 Panduan Lengkap : Metode Pemancangan Sheet Pile Beton

3. Melakukan pemasangan buis beton

Anda membutuhkan 2-3 orang untuk memasukkan buis beton ke dalam lubang galian. Alat yang digunakan bisa berupa katrol, ataupun tuas.

Masukkan buis beton satu per satu secara perlahan agar buis beton tidak pecah. Lakukan sampai buis beton tersusun dengan rapi, banyaknya jumlah buis beton tergantung kedalaman septic tank yang Anda buat.

Setelah semua buis beton masuk ke dalam lubang galian, Anda bisa melakukan pemlesteran bagian dalam dinding septic tank agar lebih rapat.

4. Membuat saluran pembuangan

Tahap berikutnya yaitu membuat lubang untuk saluran pembuangan. Agar limbah bisa masuk ke dalam septic tank dengan lancar, Anda perlu membuat lubang yang nantinya ditempatkan pipa pvc.

Pipa pvc ini merupakan jalur pembuangan limbah dari kloset menuju septic tank. Untuk saluran pembuangan seperti ini biasanya dibutuhkan pipa pvc yang berukuran besar. Selain itu, kemiringan pemasangan pipa juga harus Anda perhatikan agar limbah bisa mengalir dengan lancar.

Lubangi bagian sisi buis beton menggunakan linggis kecil, betel, dan juga martil. Kikis sedikit demi sedikit permukaan buis beton agar tidak retak atau pecah.

5. Menutup lubang septic tank

Tahap terakhir pada proses pembuatan septic tank menggunakan buis beton adalah menutup lubang septic tank. Anda bisa menggunakan penutup buis beton yang juga sudah banyak tersedia di toko bangunan.

Alternatif lainnya, Anda bisa membuat tutup sendiri dengan melakukan pengecoran sesuai dengan ukuran lubang septic tank tersebut. Jangan lupa untuk menambahkan pipa udara sebagai sirkulasi udara septic tank.

Ukuran Buis Beton untuk Septic Tank

Berikut ini adalah rekomendasi ukuran buis beton yang bisa Anda gunakan untuk membuat septic tank.

NoDiameter PenutupDiameterHarga/pcs
1Tutup Buis Beton80 cmRp 245 ribu
2Tutup Buis Beton100 cmRp300 ribu

Catatan :

Harga buis beton di setiap daerah bisa saja berbeda beda
Harga tidak termasuk biaya kirim

Itulah cara membuat septic tank menggunakan buis beton yang bisa Anda lakukan ikuti. Jangan lupa untuk memilih buis beton yang berkualitas agar septic tank bisa bertahan lama.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga informasinya bermanfaat.

Artikel Terbaru

Kategori

Cara membuat septic tank dengan buis beton,buis beton septic tank,pemasangan buis beton

Article